AMURT (Ananda Marga Universal Relief Team) adalah Organisasi Sukarela Swasta Internasional yang didirikan pada tahun 1965 di India, di mana tujuan awalnya adalah untuk membantu memberi pertolongan penduduk yang terkena dampak setelah bencana yang sering melanda benua India. Pada saat ini wilayah kerja AMURT mencakup 34 negara, dan memiliki kantor pusat di Washington D.C.

Selama bertahun-tahun AMURT telah membentuk tim di 34 negara untuk membuat sebuah jaringan yang dapat memenuhi kebutuhan bencana dan pembangunan di hampir semua bagian negara di seluruh dunia. Pada tahun 1985 kami memperluas sasaran kami untuk mencakup pembangunan jangka panjang. Kami yakin bisa memainkan peran yang sangat membantu masyarakat yang tak mampu untuk membebaskan diri dari lingkaran kemiskinan dan memegang kendali yang lebih besar atas kehidupan mereka. Bagi kami, pembangunan merupakan suatu pertukaran antar umat manusia: kita saling berbagi pengetahuan, kebijaksanaan dan pengalaman untuk mewujudkan sebuah dunia yang lebih baik. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang kerja-kerja AMURT Global, lihat www.amurt.net.

AMURTEL

AMURTEL didirikan pada tahun 1975 oleh P.R. Sarkar dalam rangka merespon problem-problem khusus yang dihadapi oleh perempuan dan anak di dalam perjuangannya menggapai kehidupan yang bermakna. AMURTEL memprakasai program yang bertujuan untuk meningkatkan standar kesehatan dan pendidikan kaum wanita dan anak-anak mereka. Jika kaum wanita diberikan kesempatan akan pendidikan, pelayanan kesehatan yang memadai, kemandirian ekonomi dan keterlibatan mereka dalam kemajuan mereka sendiri, kesehatan dan kesejahteraan secara menyeluruh, pada gilirannya, akan tercermin dalam peningkatan kesejahteraan anak-anak mereka dan komunitas. Jadi, AMURTEL adalah organisasi AMURT yang dikelola oleh kaum perempuan untuk perempuan. Untuk melihat program-program AMURTEL di seluruh dunia, silahkan kunjungi website: www.amurtel.org