Buku Aktivitas Pembelajaran PAUD (BAPP)

Prinsip belajar sambil bermain di PAUD adalah hal paling utama yang harus diperhatikan oleh guru PAUD. Guru harus mampu menghadirkan aktivitas dan ragam main yang berkualitas, karena keduanya merupakan jantung dari proses pembelajaran di PAUD. Sayangnya, literatur atau referensi mengenai aktivitas pembelajaran di PAUD yang ada hingga saat ini belum cukup variatif dan mudah diakses, sehingga kemudian menjadi masalah serius yang dialami mayoritas guru PAUD di Indonesia.

Menyadari hal ini, AMURT kemudian membentuk sebuah tim khusus yang beranggotakan para pakar dan praktisi PAUD untuk melakukan kajian dan menyusun berbagai aktivitas pembelajaran PAUD ke dalam sebuah buku. Buku ini oleh AMURT diberi nama Buku Aktivitas Pembelajaran PAUD (BAPP). BAPP yang dikembangkan AMURT ini mencakup berbagai macam tema, seperti: diri sendiri, kebutuhanku, lingkunganku, binatang, tanaman, transportasi, rekreasi, pekerjaan, alat komunikasi, tanah airku, alam semesta, dan air, udara, api, dan sebagainya.

BAPP AMURT ini digunakan di dalam aktivitas inti sekolah, namun sekolah sepenuhnya memiliki kebebasan untuk menjalankan kurikulum sekolah yang sudah ada, misalnya terkait dengan pelajaran agama dan pembiasaan, seperti mengaji, hapalan surah-surah dalam al-Qur’an, hapalan hadits, doa-doa dan sebagainya. Aktivitas di dalam BAPP AMURT juga bisa dikembangkan seusai dengan kebutuhan dan perkembangan anak didik di lembaga tersebut.

Dari waktu ke waktu BAPP ini selalu dievaluasi oleh Tim AMURT berdasarkan masukan-masukan yang ada, khususnya setelah diimplementasikan di sekolah. Salah satunya adalah pada saat pertemuan gugus, di mana BAPP ini menjadi topik pembahasan utama. Pada saat ini BAPP yang dikembangkan mengacu pada model pembelajaran di dalam Kurikulum PAUD Tahun 2013. Aktivitas dan ragam main di dalam BAPP semakin diperbanyak, sehingga memungkinkan guru untuk memberi lebih banyak pilihan atau alternatif kepada anak sesuai minat dan kemampuan. Di dalam implementasinya, AMURT juga memberikan material-material yang diperlukan di dalam penerapan aktivitas atau ragam main, khususnya material yang dianggap sulit didapatkan oleh sekolah.

Related Post
0 Comments