Reading Program

“Buku adalah jendela dunia”. Kunci untuk membukanya adalah membaca. Ungkapan ini menggambarkan bahwa membaca merupakan faktor yang sangat penting di dalam kehidupan seseorang, yaitu membuka, memperluas wawasan dan pengetahuan. Namun, kebiasaan membaca ini tidak muncul begitu saja. Diperlukan adanya lingkungan yang kondusif untuk menumbuhkan kebiasaan membaca ini. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa lingkungan, terutama keluarga, merupakan faktor penting di dalam proses pembentukan kebiasaan membaca.

Oleh karena itu AMURT Indonesia menggagas reading program (program membaca) bagi anak usia dini. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan sejak dini rasa cinta membaca bagi anak-anak yang dibentuk melalui keluarga dan sekolah. Program ini dilaksanakan utamanya di rumah, yakni dengan bimbingan orang tua atau keluarga anak. Sedangkan ketika di sekolah guru akan melakukan review apa yang sudah dibaca dan dipelajari oleh anak sewaktu di rumah. Sehingga, kunci suksesnya program ini terletak pada kualitas kerja sama dan keterlibatan orang tua dan guru/sekolah.

Pada program ini, satu anak  dibekali atau dipinjamkan sebuah tas berisi dua buku dengan judul berbeda untuk kemudian dibacakan oleh orangtua atau anggota keluarga lain kepada anak pada saat di rumah. Anak diberi waktu 1 minggu dan setelah itu tas tersebut dibawa lagi ke sekolah untuk ditukar tas lain dengan judul buku yang berbeda. Roling ini dilakukan oleh pihak sekolah setiap minggu, sehingga diharapkan nantinya semua anak dapat membaca semua koleksi buku buku yang ada.

Di dalam program ini AMURT menyiapkan sebanyak 5.280 eksemplar buku yang terdiri dari 440 judul. Buku-buku tersebut kemudian dipaketkan ke dalam 2.601 tas, lalu didistribusikan kepada 49 lembaga PAUD. Lembaga PAUD lah yang kemudian bertanggung jawab atas proses distribusi kepada para siswa, dan bersama-sama orang tua melakukan kerja sama di dalam melakukan maintenance properti reading program. Melalui program ini kami berharap bisa menstimulasi dan menanamkan kebiasaan anak-anak untuk gemar membaca dan mencintai buku.

Related Post
0 Comments