Pertemuan Gugus AMURT

Sharing, musyawarah dan kerja sama kami yakini menjadi faktor utama di dalam meningkatkan kapasitas guru dan lembaga. Oleh karena itu kami menginisiasi sebuah forum bernama Pertemuan Gugus AMURT, yakni forum guru-guru PAUD dari beberapa sekolah dampingan AMURT yang dilaksanakan secara rutin dengan jumlah peserta bervariasi antara 16-27 guru dan didampingi oleh seorang fasilitator dari AMURT.

Tempat pertemuan gugus ini bergiliran (rolling) dari satu lembaga ke lembaga lainnya dan berlangsung antara 3,5-4 jam. Aktivitas utamanya adalah mendiskusikan BAPP (Buku Aktivitas Pembelajaran PAUD) buatan Tim AMURT, lalu dilanjutkan praktik, baik berupa micro-teaching, pembuatan alat/media maupun ragam main. Tujuannya agar para guru benar-benar siap menjalankan kegiatan pembelajaran pada minggu selanjutnya. Jika aktivitas sudah dipraktikkan di minggu sebelumnya, maka pada minggu itu didiskusikan/dievaluasi kendala-kendala yang muncul dan dicari solusi-solusi alternatifnya.

Selain BAPP, topik bahasan di gugus juga mencakup masalah-masalah lain yang berkaitan dengan pembelajaran dan pengelolaan PAUD, seperti kurikulum, manajemen kelas, pengelolaan lembaga, dan sebagainya. Dengan demikian, melalui sharing, musyawarah dan kerja sama antar guru dan antar lembaga ini diharapkan bisa lebih cepat meningkatkan kemampuan guru dan kualitas lembaga.

Related Post
0 Comments