Awal Mei 2018 Kembali Diadakan Gebyar PAUD di Tingkat Desa

Kembali lagi diadakan acara Gebyar PAUD di Kabupaten Demak. Gebyar PAUD yang diselenggarakan oleh KPP kali ini menyasar Desa Sumberejo di Kecamatan Bonang-Demak. Keseluruhan proses acara tersebut begitu menarik, karena dari antusias semua element masyarakat Desa Sumberejo serta panitia penyelenggara yang sangat semangat sekali dalam mempersiapkan acara ini. Bahkan warga masyarakatpun ikut berkontribusi dalam persiapan acara ini. Sungguh sangat membuat kami kagum dan bangga dengan semangat mereka semua. Tercatat sebanyak 600an peserta anak dan orangtua terlibat dalam kegiatan ini.

Sambutan dari ketua KPP Desa Sumberejo (Soviati) sebelum sosialisasi dari AMURT Indonesia

Acara Gebyar PAUD KPP Desa Sumberejo juga kita support seperti halnya dengan acara di Desa Kedondong. Dengan kata lain, acara ini terselenggara atas kerjasama banyak pihak termasuk Kepala Desa, Kader PKK dan Posyandu, Pendidik/Pengelola seluruh lembaga PAUD yang ada di desa, Orangtua baik yang anaknya telah bersekolah ataupun belum bersekolah di PAUD. Tanpa kekompakan tidak akan mungkin terselenggara acara seperti ini. Dukungan penuh Kepala Desa Sumberejo Bapak Misbakhul Munir, memberikan poin positif, sehingga pendampingan terhadap KPP Desa Sumberejo bisa berjalan dengan maksimal.

AMURT Indonesia selalu berupaya mendorong KPP (Komunitas Peduli PAUD) beserta lembaga PAUD dampingannya untuk memperkenalkan tentang “Pentingnya Pendidikan Sejak Usia Dini dan Perlindungan Terhada Anak” serta mereka bisa dijadikan percontohan kepada lembaga-lembaga PAUD lainnya.

Acara inti dari “Gebyar PAUD” di Desa Sumberejo antara lain adalah :

1. Sosialisasi “Pentingnya Pendidikan Sejak Usia Dini Serta Perlindungan Terhadap Anak”

Seperti halnya dengan acara di KPP Desa Kedondong, kita selaku pendamping dari KPP dan lembaga PAUD Desa Sumberejo pastinya ingin selalu, selalu dan selalu mengingatkan tentang pentingnya pendidikan sejak usia dini dan perlindungan terhadap anak. Maka dari itu dalam event Gebyar PAUD Desa Sumberejo kita isi dengan acara sosialisasi.

Fasilitator dari AMURT Indonesia (Suparmanto) sedang memberikan arahan kepada Orangtua murid tentang pentingnya Pendidikan sejak usia dini dan perlindungan terhadap anak

 

2. Permainan

Selanjutnya adalah permainan. Dalam event ini memiliki semboyan “Acara Anak, Untuk Anak dan Oleh Anak”. Jadi untuk permainan yang kita pakai adalah permainan yang membuat anak senang, dilakukan oleh anak dan anak mendapatkan ilmu pengetahuan tentang salah satu moral yang terkandung di dalamnya. Contohnya adalah games menghias Celengan (tempat untuk menabung) yang dilakukan oleh anak-anak usia PAUD yang ada di Desa Sumberejo.

AMURT Indonesia selalu berupaya agar setiap dampingan KPP dan lembaga PAUD tetap dalam misi yang sama. Dengan demikian KPP dan Lembaga PAUD dampingan bisa selalu berinteraksi kepada kami dalam segala situasi dan kondisi. Kenapa ? karena dengan komunikasi kita bisa mengetahui sampai dimana kemampuan KPP dan Lembaga PAUD dalam menyelesaikan sebuah masalah serta membangun desa masing-masing. sehingga menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

 

 

 

 

0 Comments