KPP (Komunitas Peduli PAUD) Dampingan Dalam Acara GEBYAR PAUD di Desa Kedondong Kec. DEMAK Awal Mei 2018

Komunitas Peduli PAUD (KPP) merupakan komunitas hasil bentukan AMURT Indonesia yang bekerja sama dengan pihak desa setempat. Sungguh sangat membanggakan bagi kita bahwa KPP mampu bersinergi penuh dalam pendampingan anak usia dini yang ada di Kabupaten DEMAK dan Kota Semarang. Kerja keras KPP sungguh luar biasa, hal ini dibuktikan dengan adanya pelaksanaan event “Gebyar PAUD Desa Kedondong” hari  Kamis tgl 3 Mei 2018 oleh KPP yang di support oleh AMURT Indonesia dan Desa setempat.

Dengan adanya event seperti ini, AMURT Indonesia yakin bahwa KPP dan organisasi lainnya akan selalu menjadi organisasi paling bawah dan paling dekat dengan masyarakat dalam mewujudkan pendidikan anak sejak usia dini serta tidak lagi adanya kekerasan anak di bawah umur.

Kegiatan seperti ini mungkin bisa jadi contoh untuk komunitas-komunitas lainnya yang ingin memperkenalkan tetang pendidikan anak usia dini di desa masing-masing. Adapun acara yang berlangsung di Desa Kedondong adalah sebagai berikut :

1. Pembukaan

Pembukaan acara “Gebyar PAUD” dimeriahkan dan didukung langsung oleh bapak Sistianto selaku Kepala Desa Kedondong. Kemeriahan warga masyarakat desa kedondong membangkitkan semangat bapak kepala desa dengan membagikan sedikit uang jajan bagi anak yang mampu mendeklamasikan pancasila secara urut dan benar.

Pak KADES mendengarkan salah satu anak didik PAUD Desa Kedondong  yang sedang mendeklamasikan Pancasila dan membagikan uang jajan sebagai hadiah.
Antusias 0rangtua murid dan anak didik seluruh PAUD yang ada di Desa Kedondong saat Bapak Sistianto (KADES) memberikan sambutan dan tantangan kepada anak didik yang berani dan bisa menyelesaikan tantangan dari pak KADES.

2. Sosialisai Pentingnya Pendidikan Anak Sejak Usia Dini dan Perlindungan Anak

Di sesi ini merupakan acara inti dari gebyar PAUD yang diadakan di desa Kedondong . Peran penting dari keluarga dan seluruh aspek masyarakat  merupakan pondasi yang kuat untuk terwujudnya masyarakat yang sadar akan pentingnya pendidikan anak sejak usia dini serta sadar akan perlindungan terhadap anak.

Kita sadar bahwa masyarakat dan orang tua masih banyak yang belum mengerti dan belum paham mengenai perlindungan terhadap anak. Dari masalah tersebut kita ingin membekali semua orangtua murid dan masyarakat yang hadir agar mereka mengerti dan paham tentang perlindungan terhadap anak. Bahkan kita menampilkan video inspiratif untuk para orangtua untuk menumbuhkan semangat mereka dalam mendidik anak sehingga menjadi lebih baik dan lebih benar dari yang sebelumnya.

3. Senam Gernas Baku

Acara Gebyar PAUD di desa kedondong dilaksanakan 2 hari sebelum peluncuran GERNAS BAKU secara serentak di seluruh Indonesia, maka dalam acara kali ini semua diadakan senam Gernas Baku dari orangtua dan anak didik semua PAUD yang ada di Desa Kedondong.

4. Games Edukasi

Dalam acara Gebyar PAUD di Desa Kedondong selain terdapat senam Gernas Baku, panitia menyiapkan beberapa permainan bagi anak didik dan bagi orangtua. Permainan tersebut adalah sebagai berikut :

5. Pertunjukan 

Dalam acara gebyar PAUD di desa kedondong diadakan juga pertunjukan tari “jaranan” oleh anak PAUD dan tarian adat Jawa oleh orangtua di depan semua peserta dan tamu undangan yang hadir.

Untuk Penutup, kami akan bagikan juga moment terbaik yang berhasil diabadikan oleh team media AMURT Indonesia.

Kita semua memiliki peranan penting bagi tumbuh kembang anak-anak kita. AMURT Indonesia juga meminta kepada semua stakeholder terkait seperti Desa (masyarakat), Organisai, Orangtua mampu menjadi panutan bagi anak-anak kita semua. Semoga kita menjadi orang tua yang bisa menghasilkan anak-anak yang terpilih dan terbaik nantinya.

0 Comments