Kunjungan Kindernothilfe (KNH) Jerman pada “Parenting Program” di PAUD Bina Kasih Bangsa Bonang, Demak

Pada hari Rabu, 05 April 2017 AMURT Indonesia menerima kunjungan dari Kindernothilfe (KNH) Jerman untuk melihat program-program yang dilakukan oleh AMURT di Kabupaten Demak dan Kota Semarang. Pada kesempatan pertama, KNH yang diwakili oleh Diego Curvo diajak oleh AMURT untuk mengunjungi sebuah PAUD yang berada di daerah pesisir utara Kabupaten Demak, yaitu TK Bina Kasih Bangsa. Lokasi PAUD ini berada di dekat kompleks Tempat Pelelangan Ikan (TPI) desa Purworejo, Kec. Bonang, Kab. Demak. Pada hari itu TK Bina Kasih Bangsa sedang menyelenggarakan kegiatan Parenting.

Perwakilan KNH beserta rombongan AMURT tiba di lokasi pukul 9:30 WIB dan disambut dengan sangat meriah oleh segenap guru, para orang tua, para peserta didik dan warga sekitar. Turut serta mendampingi rombongan AMURT adalah Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak Afida Aspar, Ketua Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Demak Lusiyanti, Ketua HIMPAUDI Kecamatan Bonang Eko Riyanti, serta Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan Kecamatan Bonang Demak Sutomo dan beberapa tokoh masyarakat setempat. Perwakilan KNH disambut dengan pengalungan bunga karya para anak didik TK Bina Kasih Bangsa sendiri yang dibuat dari bahan-bahan recycle.

Anak didik TK Bina Kasih Bangsa (BKB) mengalungkan kalung yang mereka buat dari bahan recycle

Acara di pagi hari tersebut menjadi semakin meriah karena diiringi dengan tabuhan musik rebana, sajian tarian tradisional Jawa, dan reog Ponorogo oleh para anak didik TK Bina Kasih Bangsa. Sambutan kedatangan Diego secara formal disampaikan oleh Ketua Yayasan Bina Kasih Bangsa, Ketua UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kec. Bonang, serta Kabid PAUD & PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Demak. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari AMURT dan perkenalan oleh perwakilan KNH, Diego Curvo.

Siswa TK BKB sedang mendemonstrasikan kesenian reog
Siswa TK BKB sedang mendemonstrasikan tarian gerak dan lagu

Pada program parenting di TK Bina Kasih Bangsa ini digelar lomba reading program, yaitu lomba membacakan buku cerita dari orang tua kepada anak-anak mereka. Lomba ini sendiri dibagi ke dalam tiga kategori, sesuai kategori usia para anak didik yang ada di TK Bina Kasih Bangsa, yaitu kategori usia 3-4 tahun, 4-5 tahun, dan 5-6 tahun. Pembagian kategori ini didasarkan pada pertimbangan bahwa tingkat perkembangan anak pada masing-masing kelompok usia tersebut juga berbeda, oleh karena itu materi dan cara membacakan buku cerita juga berbeda. Adapun hadiah yang diberikan kepada orang tua pemenang lomba adalah berupa perlengkapan untuk masak.

Beberapa murid, orang tua murid, guru dan pengelola berfoto bersama usai penerimaan hadiah bagi para pemenang lomba reading program

Kegiatan parenting di TK Bina Kasih Bangsa yang berlangsung dari pagi hingga siang hari tersebut diselenggarakan atas kerja sama antar Community Organizer (CO) AMURT yang berasal dari HIMPAUDI Kecamatan Bonang, Komunitas Peduli PAUD (KPP) Desa Purworejo, dan Pengelola TK Bina Kasih Bangsa.

 

0 Comments