Lomba Alat Permainan Edukatif (APE) Guru PAUD Se-Semarang dan Demak

Usia anak-anak adalah usia bermain. Bermain adalah media bagi anak-anak untuk membangun nalar atau logika mereka. Bermain pun menjadi media bagi anak-anak di dalam meningkatkan enam (6) aspek perkembangan mereka, seperti aspek fisik/motorik, sosial emosional, bahasa, kognitif, seni dan nilai agama moral (NAM).

AMURT melihat ini menjadi alasan pentingnya merangsang guru-guru membuat Alat Permainan Edukatif secara mandiri, sehingga tersedia alat permainan yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Alasan lain adalah banyak sekolah PAUD dampingan AMURT yang tidak memiliki anggaran untuk membeli APE pabrikan. Oleh karena itu, setelah selama 3 bulan penuh membuat sebuah project APE bagi guru-guru pada sekolah dampingan dan HIMPAUDI, selanjutnya Yayasan AMURT Indonesia mengadakan Galeri dan Lomba Alat Permainan Edukatif yang bertujuan untuk:  1)  Mengapresiasi hasil kerja guru dalam pengerjaan proyek APE; 2) Memunculkan ide kreatif dari guru PAUD dalam pembuatan APE yang kreatif dan inovatif.

Kegiatan lomba ini dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Mei 2017, Pukul 08:00 – 16:30 WIB di Balai BKPP Kab. Demak (eks. kantor Diklat Litbang Demak), Desa Karangsari, Kec. Karang Tengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Panitia dari Yayasan AMURT Indonesia merencanakan peserta yang hadir berjumlah 164 guru, 9 HIMPAUDI kecamatan dampingan yang berjumlah 27 orang dan HIMPAUDI kecamatan non dampingan yang berjumlah 21 orang, tapi yang bisa hadir sejumlah 113 guru dan APEnya. Beberapa guru yang tidak hadir beralasan bahwa hari itu bertepatan dengan rencana piknik sekolah, ada yang sakit dan ada juga yang merasa tidak siap untuk ikut lomba.

Kategori APE yang dilombakan ada 2 yaitu  mono fungsi (APE yang hanya difungsikan untuk satu cara main) dan multi fungsi (APE yang dapat difungsikan untuk lebih dari satu cara main di masing-masing bagiannya).

Untuk kategori mono fungsi ada sebanyak 89 APE, sehingga peserta dibagi dalam 4 kelas tahap penyisihan dan dari masing-masing kelas, juri memutuskan 3 APE terbaik untuk masuk tahap final. Hasilnya ada 12 APE yang masuk dalam tahapan final. Proses lomba dijalankan dengan masing-masing guru mempresentasikan bagaimana APEnya digunakan di depan juri selama 10-15 menit. Juri yang terdiri dua (2) orang memberikan penilaian menggunakan instrumen penilaian yang telah disiapkan oleh tim AMURT. Pada tahapan final penilaian dilakukan oleh 8 dewan juri. Sedangkan untuk kategori APE multi fungsi ada sebanyak 18 APE. Proses penilaiannya hanya melalui 1 tahapan penilaian dan penilaian dilakukan oleh 2 orang juri.

Dewan juri lomba APE ini berasal dari kalangan akademisi dan praktisi ahli di bidang PAUD. Dewan juri terdiri dari 10 orang, yaitu: Wulan Ardiati dan Dhiana (Universitas Negeri Semarang/UNNES), Nila Kusumaningtyas (PG PAUD UPGRIS dan Pengelola PAUD Unggulan Taman Belia Candi), Dyah Kusbiantari (IKIP Veteran Semarang dan Pengelola PAUD Reksa Cipta), Dedi Ardianto (Ketua HIMPAUDI Provinsi Jawa Tegah), Yosefin Indriati (HIMPAUDI Provinsi Jawa Tegah), Ninuk Helista (Kepala PAUD Bukit Aksara Semarang), Lusiyanti (Ketua HIMPAUDI Kab. Demak), Rr Evi Trisnowati (Ketua HIMPAUDI Kota Semarang), dan Elisabeth Sutiani (HIMPAUDI Kota Semarang).

Juara-juara dari lomba APE  berdasarkan kategori mono fungsi terdiri dari juara 1 sampai 3 dan 9 juara harapan, lengkapnya sebagai berikut:

  • Juara 1: HIMPAUDI Kecamatan Karang tengah
  • Juara 2: HIMPAUDI Kecamatan Gayamsari
  • Juara 3: Ida Ismiati, PAUD Islam Permata Bangsa, Kecamatan Gayamsari
  • Juara harapan 1: Nur Indah Sari, PAUD Al-Mubarok, Kecamatan Demak
  • Juara harapan 2: Munimah, PAUD Kartika Sari 3, Kecamatan Bonang
  • Juara harapan 3: Chundiyah, PAUD Tunas Bangsa, Kecamatan Guntur
  • Juara harapan 4: Juwarti, PAUD Ki Ageng selo, Kecamatan Gayamsari
  • Juara harapan 5: Shokifatus S, PAUD Al-Hidayah, Kecamatan Guntur
  • Juara harapan 6: Wartini, PAUD PGRI 118, Kecamatan Genuk
  • Juara harapan 7: Aprilia, PAUD Tunas Bangsa, Kecamatan Guntur
  • Juara harapan 8: Alhikmah, PAUD Tarbiyatul Atfal, Kecamatan Bonang
  • Juara harapan 9: Afidatul, PAUD Al-Ma’ruf, Kecamatan Bonang

Juara untuk kategori APE multi fungsi sebagai berikut:

  • Juara 1: Wahyuni, PAUD Darul Iman, Kecamatan Genuk, Semarang, nama APE: Sugarman Dadu.
  • Juara 2: HIMPAUDI Kecamatan Gajah Mungkur, nama APE: Engkleng Ajaib.
  • Juara 3: Ratna Suryani, PAUD Ceria Anakku, Kecamatan Genuk, Semarang, nama APE: Bosse.

Semoga Alat permainan edukatif (APE) yang dihasilkan lewat acara lomba ini bisa menambah jenis dan kualitas alat permainan yang dimiliki oleh PAUD-PAUD yang ada di kota Semarang dan Kabupaten Demak. (Genie Fitriyadi Fendy/Yon).

0 Comments