Pelatihan “Mainstreaming Gender di Lembaga PAUD”

Untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para pendidik PAUD tentang peran sosial laki-laki dan perempuan di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam rangka memberikan pemahaman kepada anak-anak usia dini di PAUD, maka AMURT Indonesia membekali para peserta Pelatihan Calon Pelatih (PCP) AMURT dengan pelatihan Mainstreaming Gender di Lembaga PAUD. Dengan demikian, persoalan-persoalan di PAUD, seperti anggapan bahwa boneka atau masak-masakan itu adalah mainan perempuan, sedangkan mobil-mobilan atau robot-robotan adalah mainan anak laki-laki, diharapkan tidak akan muncul lagi.

Pelatihan ini diselenggarakan selama dua hari di dua tempat. Pada hari Jum’at, 02 Desember 2016 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, dan pada hari Sabtu, 03 Desember 2016 bertempat di Aula SMAN 1 Karangtengah, Kab. Demak. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 48 peserta dari kelompok peserta PCP AMURT.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Ibu Ninik Jumoenita dari PPT Seruni Semarang. Di dalam pelatihan ini peserta diajak untuk berdiskusi secara aktif mengenai apa sebenarnya gender itu, apa bedanya dengan jenis kelamin, mengapa kesadaran tentang gender itu penting dan mengapa lembaga PAUD juga perlu menjadikan gender sebagai salah satu topik perhatian. Setelah berdiskusi di dalam kelompok untuk memetakan tentang hakikat gender dan urgensi pengarusutamaan (mainstreaming) gender di lembaga PAUD, peserta yang menjadi perwakilan kelompok kemudian mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di hadapan peserta lainnya.