Pelatihan STPPA untuk Merancang Aktivitas Pembelajaran PAUD

Yayasan AMURT Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Yoga Parikrama dan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, serta IGTKI Kecamatan Karangasem menyelenggarakan pelatihan “Memahamai dan Menggunakan STPPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini) sebagai Acuan di dalam Merancang Aktivitas Pembelajaran PAUD.” Pelatihan ini dilaksanakan tanggal 13-15 Mei 2017, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem, yang berlokasi di Jl. Veteran, Karangasem, Bali. Atas berkahNya, pelatihan berlangsung dengan sangat lancar.

Kepala Dinas Dikpora Kab. Karangasem, Bapak I Gusti Ngurah Karika, S.Pd., M.Pd. sedang membuka Pelatihan “STPPA untuk Merancang Aktivitas Pembelajaran PAUD”

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidkan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem, Bali. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini adalah sebanyak 90 orang. Peserta pelatihan berasal dari 34 lembaga PAUD yang berada di Kecamatan Karangasem. Sebagai narasumber di dalam pelatihan ini adalah perwakilan dari AMURT Indonesia, Mrs. Usha Chang yang berasal dari Malaysia.

Perwakilan AMURT Indonesia, Mrs. Usha Chang dari Malaysia, sedang menjelaskan materi tentang Standar Tingkat Pencapaain Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA) kepada peserta pelatihan

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti segala aktivitas yang diberikan oleh narasumber tunggal AMURT, mereka belajar untuk memahami tahap demi tahap satu-persatu tentang tahapan perkembngan anak  dari usia 0-6 tahun, khususnya tahapan perkembngan pada aspek motorik halus dan kasar. Pelatihan ini dikembangkan dari rambu-rambu yang sudah digariskan di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.137 Tahun 2014. Beragam strategi dan metode mengajar yang baru diberikan dalam menggunakan dan mengembangkan STPPA sebagai acuan guru dalam merancang aktivitas yang menyenangkan untuk peserta didik  yang dapat diimplemntasikan oleh peserta pada lembaganya masing-masing.

Para peserta pelatihan sedang berdiskusi tentang tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini dengan menggunakan media berupa poster perkembangan anak (STPPA) yang dikembangkan oleh AMURT Indonesia

Pada akhir kegiatan,panitia meminta peserta untuk memberikan pesan dan kesan mengenai  proses pelatihan yang telah mereka ikuti dari hari pertama sampe ketiga,100% peserta sennag dan ingin pelatihan ini diadakan secara rutin agar guru – guru PAUD mampu mengajar lebih professional lagi dengan menggunakan berbagai strategi dan metode dlam mengajar dan merancang kegitan belajar atau main untuk peserta didiknya. Mereka juga berharap agar pelatihan tidak mengambil waktu yang amat panjng  maksimal 4 jam 1 hari agar mampu diterima dengan baik dan maksimal.

0 Comments