Pencapaian KPP Dampingan AMURT Indonesia Desa Bakalrejo Kecamatan Guntur

AMURT Indonesia mendampingi lembaga-lembaga PAUD di Kabupaten Demak dan Kota Semarang. Kecamatan Guntur merupakan wilayah Kabupaten Demak. Pendampingan AMURT Indonesia di Kecamatan Guntur menghasilkan komunitas yang mulai peduli terhadap pendidikan anak usia dini yaitu KPP (Komunitas Peduli PAUD). Mengapa dibentuk KPP ? kenapa tidak yang lain?

Komunitas Peduli PAUD (KPP) di setiap desa dampingan merupakan salah satu cara AMUR Indonesia untuk memberdayakan masyarakat di desa tersebut agar lebih peduli terhadap isu anak terutama dalam hal pendidikan, perlindungan dan partisipasi. Hal ini dilakukan dengan melibatkan langsung masyarakat yang ada di desa tersebut, artinya anggota dari KPP itu sendiri tidak hanya dari guru PAUD saja, melainkan dari tokoh masyarakat, staff desa, bahkan masyarakat biasa-pun bisa menjadi anggota KPP.

Festival PAUD yang terselenggara berkat adanya KPP yag sudah dibentuk oleh Masyarakat Desa dengan dampingan dari AMURT Indonesia

Keterlibatan masyarakat di dalam KPP memungkinkan lebih mudahnya masyarakat menerima ilmu atau materi yang sudah AMURT Indonesia berikan sebelumnya kepada lembaga-lembaga PAUD di  desa masing-masing. Pencapaian dari KPP yang kita dampingi adalah terselenggara event di desa masing-masing. Untuk event yang ada di Desa Bakalrejo Kecamatan Guntur diadakan pada tanggal 08 Mei 2018 di Balaidesa.

Berikut kita bagikan review tentang acara di Desa Bakalrejo Kecamatan Guntur.

1. Sosialisasi “Pendidikan Anak Usia Dini dan Perlindungan Terhadap Anak”

Acara yang berlangsung ramai dengan dihadiri 485 peserta mampu membuat heboh susana. Apalagi bagi Orangtua yang sangat bersemangat ketika ada pertunjukan dari anak-anak didik PAUD di Desa Bakalrejo. Tetapi ketika acara sosialisasi mereka juga gak kalah antusias untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh perwakilan pendidik lembaga dampingan AMURT Indonesia yang ada di Desa Bakalrejo (Aprilia Candra Krisnawati).

Aprilia Candra Krisnawati (perwakilan dari lembaga PAUD dampingan AMURT Indonesia di Desa Bakalrejo) sedang memberikan sosiaisasi “Pendidikan Anak Usia Dini dan Perlindungan Terhadap Anak” kepada semua peserta.

 

 

2. Partisipasi Anak

Selain sosialisasi tentang pentingnya pedidikan anak sejak usia dini dan perlindungan terhadap anak, dalam acara kali ini juga melibatkan partisipasi anak secara langsung. Hampir 30 anak berpartisipasi dalam mengisi kegiatan melalui penampilan tari tradisional dan tari modern. Semua yang datang sangat antusias dalam menantikan sesi ini, baik dari panitia, orangtua, bahkan masyarakat yang datang juga bersemangat untuk melihat pertunjukan dari anak-anak PAUD Desa Bakalrejo ini.

pertunjukan tari modern dari anak-anak TK Desa Bakalrejo

3. Menghias Gelas

Acara yang tidak kalah menarik dari kedua acara sebelumnya adalah menghias gelas. Acara ini untuk meningkatkan kreativitas anak, dan juga kekompakan antara anak dengan orangtua. Pasalnya menghias gelas ini hanya boleh dilakukan oleh anak, orangtua hanya bertugas mendampingi dan mengarahkan saja. Pointnya adalah orangtua harus mendukung dan memberikan ruang kreativitas bagi anak, bukan membatasi anak.

AMURT Indonesia beserta KPP dan lembaga PAUD yang ikut berpartisipasi dalam acara kali ini menginginkan yang terbaik untuk anak-anak PAUD yang ada di Desa Bakalrejo-Demak dalam hal pendidikan yang terbaik sejak usia dini, perlindungan, dan pola asuh yang baik sesuai dengan pelatihan telah diberikan oleh AMURT Indonesia.

0 Comments