Kegiatan AMURT di Sigi

Pendampingan Psycososial AMURT Indonesia Menyasar Hingga ke Desa Makmur Kecamatan Palolo Kab. Sigi

AMURT Indonesia – Sejak tanggal 12 Oktober 2018 hingga saat ini 27 Oktober 2018, Tim AMURT Indonesia masih melanjutkan kegiatan sosialnya di Sulawesi Tengah untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana gempa dalam mengurangi trauma pasca bencana yang telah menimpa mereka pada akhir September kemarin.

Setelah beberapa kegiatan sosial yang dilakukan Tim AMURT Indonesia di Palu selesai, saat ini Tim AMURT Indonesia (Nadia Rabah, Didi Hari dan Zubadar) melanjutkan kegiatan sosialnya di Desa Makmur Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi.

Dalam menjalankan Pendampingan Psycososial, AMURT Indonesia dipandu oleh Nadia Rabah (Lebanon) mengkreasikan kegiatan-kegiatan yang bisa menjadi healing langsung bagi peserta ataupun bisa diterapkan kembali untuk Pendampingan Psycososial di lingkungan mereka  dan juga di lembaga-lembaga PAUD yang mereka naungi.

Pada pelatihan dan Pendampingan Psycososial di Desa Makmur-Sigi, terdapat 6 bentuk kegiatan trauma healing yang diikuti oleh partisipatif oleh para peserta, dan berikut adalah rincian kegiatan tersebut;

1. Kegiatan pertama yaitu para peserta diarahkan untuk bergandengan tangan satu sama lainnya hingga membentuk sebuah lingkaran, serta beberapa gerakan pemanasan ringan sebagai awal dari kegiatan. Hal ini dilakukan untuk menjalin keakraban, penyetaraan diri, sekaligus energizing bagi seluruh peserta.

Kegiatan AMURT di Sigi
Nadia mengarahkan para peserta untuk bergandengan tangan dan membentuk lingkaran

2. Kegiatan selanjutnya, para peserta diberikan sebuah kertas kosong untuk menuliskan pertanyaan seputar trauma healing, ataupun pertanyaan seputar kegiatan yang sedang mereka jalani, semua pertanyaan tersebut akan dijawab oleh Nadia Rabah, Didi Hari dan Zubadar.

Kegiatan AMURT di Sigi
Didi Hari mengumpulkan kertas yang telah ditulisi pertanyaan oleh para peserta

3. Kegiatan yang tidak kalah seru lainnya adalah kegiatan Pendampingan Psycososial dengan memanfaatkan bunyi lonceng/kerincingan yang berfungsi untuk melatih konsentrasi.

Kegiatan AMURT di Sigi
Nadia membunyikan kerincingan yang berfungsi untuk melatih konsentrasi para peserta

4. Kegiatan lainnya yang bermanfaat untuk menghilangkan trauma yaitu membuat boneka tangan dan menggunakan boneka tersebut sebagai instrument untuk menceritakan sebuah  dongeng kepada anak-anak.

Kegiatan AMURT di Sigi
Nadia dan Zubadar mendemonstrasikan cara membuat dan menggunakan boneka tangan

5. Kegiatan berikutnya yang berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan keseimbangan para peserta adalah dengan melatih pernafasan melalui gerakan tangan dan kaki seperti sebuah gerakan hewan misal; kucing, tikus, burung, ataupun anjing.

Kegiatan AMURT di Sigi
Nadia memandu para peserta mengatur gerakan tangan dan kaki untuk melatih keseimbangan

6. Kegiatan yang terakhir yaitu para peserta diberikan kembali sebuah kertas kosong dan sebilah tangkai kecil. Pada kertas tersebut peserta akan menuliskan sebuah kenangan, ataupun harapan yang kemudian dirangkai menyerupai sebuah bendera.

Kegiatan AMURT di Sigi

Itulah kegiatan sosial berupa Pendampingan Psycososial yang dilakukan oleh Tim AMURT Indonesia di Sulawesi Tengah yang belum lama ini ditimpa bencana Gempa Bumi, Tsunami.

Semoga apa yang diberikan oleh AMURT Indonesia dapat bermanfaat untuk mengurangi trauma para masyarakat Sulawesi Tengah (Palu dan Sigi,) yang terkena bencana tersebut.

 

#PASIGALA BANGKIT!! PASIGALA KUAT!!

0 Comments