Pentingnya Mentoring dan Coaching Bagi Guru Calon Peneliti di Lembaga PAUD Dampingan AMURT Indonesia

Mentoring dan coaching dengan guru peneliti adalah salah satu rangkaian pelayanan yang diberikan oleh AMURT Indonesia untuk memudahkan para guru untuk belajar dan bantuan kepada para guru yang melakukan Penelitian Tindakan (Action Research) yang dilakukan oleh guru di sekolah masing-masing.

 

Dalam Penelitian Tindakan ada siklus belajar yang dimulai dengan :

  • Merumuskan pertanyaan penelitian (permasalahan);
  • Mencari jawab pertanyaan;
  • Refleksi;
  • Merencanakan tindakan;
  • Melakukan tindakan;
  • Evaluasi dan seterusnya.

Siklus dapat melingkar-lingkar seperti spiral, tergantung kompleks tidaknya permasalahan yg diteliti. Mentoring dan coaching membantu para guru peneliti untuk memahami proses penelitiannya.

 

Berbeda dengan training, Penelitian Tindakan adalah metode belajar mandiri melalui proses menemukan dan mengubah keadaan yang tidak memuaskan. Training mensyaratkan peserta mengikuti arahan dari pemateri. Artinya peserta menerima pengetahuan dari narasumber. Sementara itu Penelitian Tindakan mensyaratkan peserta memproduksi pengetahuan sendiri melalui menemukan jawaban pertanyaannya sendiri tentang sesuatu.

 

Penelitian Tindakan terdiri dari dua kata penting yaitu Penelitian dan Tindakan. Setelah jawaban ditemukan melalui penelitian, proses berlanjut membuat tindakan untuk mengubah keadaan yang tak memuaskan. Tindakan ini kemudian dievaluasi untuk menyempurnakan pembelajaran.

 

Metode Penelitian tindakan cocok untuk para guru yang menemukan masalah di kelasnya dan ingin mengubah atau memperbaiki kualitas kelasnya. Namun Penelitian Tindakan tidak sekedar metode belajar, namun juga jalan untuk pemberdayaan. Pelaku bukan sekedar mengkonsumsi pengetahuan dari para ahli, tapi pelaku juga dapat menjadi produsen pengetahuan.

 

Bagi pelaku Penelitian Tindakan, efek yang langsung dialaminya adalah perasaan tercerahkan ketika menemukan jawaban dari pertanyaannya sendiri. Akibatnya para pelaku merasa lebih percaya diri untuk masalah yang digelutinya.

Perwakilan dari AMURT Indonesia Sri Marpinjun (Tengah) bersama dengan pendidik PAUD Uswatun Khasanan setelah acara kegiatan Action Research.

Karena efek positif dari Penelitian Tindakan, AMURT Indonesia mendukung para guru menjadi guru peneliti. AMURT Indonesia percaya jika guru akan lebih percaya diri dengan banyaknya pengalaman yang mereka miliki, sehingga muridnya akan mengalami pembelajaran yang lebih menarik dan berguna dalam menyongsong anak Indonesia  yang berkarakter dan tangguh.

0 Comments