Program “Better World” Padang

AMURT & AMURTEL mengirim tim tanggap darurat ke Padang, Indonesia sesaat setelah terjadinya gempa di Sumatera Barat pada tanggal 30 September 2009. Setelah masa awal tanggap darurat, AMURTEL mengidentifikasi adanya kebutuhan akan Perkembangan AUD (Early Childhood Development/ECD). Setelah bencana sebesar ini kondisi anak-anak lah yang paling rentan, mereka membutuhkan struktur, keamanan, dan dukungan yang dapat disediakan oleh sebuah Program Anak Usia Dini (PAUD). Pemerintah Indonesia belum memasukkan sektor penting ini ke dalam rencana dan anggaran rekonstruksi, jadi AMURTEL memilih sektor ini sebagai fokus jangka panjang nya.

Tujuan proyek kami ini adalah:

  • Menyediakan suasana yang mendukung bagi perkembangan anak-anak usia dini (di Kelompok Bermain/TK) secara fisik, mental dan sosial;
  • Membantu meningkatkan dan mempromosikan penyebaran pusat-pusat PAUD di Sumatera Barat dengan cara bekerja sama dengan pejabat Dinas Pendidikan dan Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI).
  • Meletakkan landasan bagi terwujudnya dunia yang lebih baik dengan cara pengasuhan anak yang sehat dan bahagia serta memberikan AUD (anak usia dini) kualitas kehidupan yang lebih baik melalui pusat-pusat PAUD. 

Children for a Better World (ECD Program)

Program ini disebut dengan “Children for a Better World” karena tujuannya termasuk memberikan dukungan terhadap generasi penerus bangsa Indonesia agar nantinya mereka tumbuh menjadi orang yang bisa beradaptasi, percaya diri, dan bisa berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup di komunitas mereka, negara mereka dan bahkan seluruh dunia.

AMURTEL memulainya dengan membangun 3 pusat PAUD dengan jumlah total murid dan guru sebanyak 140 anak dan 12 guru. Kami membangun bangunan semi permanen untuk setiap pusat PAUD, menggantikan bangunan sekolah lama yang telah roboh oleh gempa.  Kami juga menyediakan makanan dan susu hangat untuk setiap anak yang datang ke sekolah. Selama beberapa bulan, kami mengenalkan pola makan yang lebih sehat dengan meningkatkan porsi nasi merah yang penuh gizi dan mengurangi porsi nasi putih yang gizinya kurang dan juga mengurangi asupan gula dan garam pada makanan anak-anak.

Bagian dari program ECD ini adalah untuk meningkatkan kesadaran anak akan masalah lingkungan. Jumlah sampah yang berserakan dan mengotori jalan-jalan dan pedesaan menjadi masalah yang besar di daerah tersebut. Dengan senang hati kami mengabarkan bahwa anak-anak di pusat PAUD kami mulai membuang sampah di tempatnya daripada membuangnya sembarangan seperti kebiasaan yang ada di komunitas mereka. Kami juga mendorong anak-anak untuk melakukan gerak dan olah raga di dalam kelas. Anak-anak yang usianya lebih besar sekarang sudah dapat melakukan rutinitas olah raga dan lagu-lagu yang disertai dengan gerakan ekspresi tangan. Kegiatan seni dan kerajinan banyak melatih keterampilan motorik halus anak dan juga banyak kesenangan serta kepuasan yang dapat diperoleh.

Mengetahui bahwa masukan dari guru dan ibu merupakan bagian yang integral terhadap perkembangan anak yang optimal, maka AMURTEL membuat 3 cabang pendekatan untuk program “Better World”. “Teachers for a Better World” dan “Mothers for a Better World” menjadi batu fondasi untuk program “Children for a Better World”.

Teachers for a Better World (Program Pelatihan Guru)

Dari 12 guru yang ada di tiga sekolah, kami mengembangkan jangkauan kami melalui jaringan HIMPAUDI lokal. Hingga saat ini kami melatih 53 guru dari 40 sekolah.

Karena sebagian besar dari guru peserta pelatihan tersebut adalah tamatan SMA atau tidak terlatih sama sekali dalam dunia PAUD dan juga rasa percaya diri mereka yang rendah, maka kami memulainya dengan 1 bulan modul dalam lagu-lagu PAUD/ECD (disertai dengan gerak dan tari, untuk menarik minat anak), olah raga serta seni dan kerajinan. Tujuannya adalah untuk memberikan guru keterampilan yang praktis yang dapat dipelajari dengan mudah dan dapat langsung diterapkan dalam kelas dengan hasil yang nyata. Pendekatan ini membuktikan keberhasilan yang luar biasa. Guru dapat mentransfer apa yang mereka pelajari kepada anak didik mereka dan memperoleh rasa percaya diri yang lebih besar dalam peran mereka sebagai seorang guru.

padang

Topik yang dibahas di modul kedua program pelatihan guru ini mencakup Kurikulum PAUD, Strategi Mengajar, Teknik Penilaian, Administrasi Sekolah, Perencanaan Jadwal, dan Teori Pembelajaran. Ini memang berat bagi para guru, namun dengan fokus pada kegiatan nyata dalam menggambarkan sebuah teori dapat membantu mereka untuk menangkap konsep pendidikan dan keterampilan sehingga kemudian hal tersebut dapat diterapkan di dalam kelas. Kini ke-53 guru  tersebut  terbiasa dengan kurikulum PAUD dan memperoleh rasa percaya diri untuk bekerja bersama anak-anak dengan cara yang lebih menyenangkan dan penuh dengan kasih sayang.

Mother for a Better world (Program Perempuan)

Program ini dimulai dengan ceramah tentang kesehatan, nutrisi, kebersihan, KB (keluarga berencana) dan pentingnya PAUD. Atas permintaan ibu-ibu, kami juga mengorganisir sesi aerobik mingguan yang sangat dinikmati oleh kaum ibu. Ada keinginan besar di kalangan perempuan untuk belajar lebih banyak tentang pola makan dan sebagian besar dari mereka berminat untuk menurunkan berat badan. Ini memberi peluang yang besar sebagai langkah awal untuk membahas tentang nutrisi, dan pentingnya air putih daripada minuman manis bagi anak serta menghilangkan anak yang tidak berkalori.

Pada saat kegiatan tamasya baru-baru ini, para ibu lebih memilih untuk membawa 5 liter botol air minum daripada botol plastik yang hanya sekali pakai. Sangatlah menggembirakan terutama ketika menyaksikan bagaimana seorang ibu menuangkan air minum dari botol raksasanya ke dalam botol minum anaknya yang kita berikan!

AMURT & AMURTEL Padang sekarang membangun 15 gedung PAUD/ECD baru  dan memperbaiki 6 bangunan lainnya. Kami juga akan memfasilitasi mereka dengan perabotan, peralatan bermain outdoor dan materi pendidikan. Ibu-ibu, guru-guru dan khususnya anak-anak berbesar hati untuk melihat program PAUD/ECD ini berkembang.

Update Akhir Tahun 2010

Baru-baru ini Program Better World AMURT & AMURTEL Padang, merayakan festival selama seminggu. Puncaknya pada tanggal 15 November 2010 dengan inagurasi dan penyerahterimaan 21 PAUD/ECD yang dibangun dan direnovasi oleh AMURT & AMURTEL. Acara ini dilangsungkan bersamaan dengan acara wisuda ke-56 guru dari 41 pusat PAUD/ECD yang berpartisipasi di dalam program Pelatihan Teachers for a Better World/Guru untuk Dunia yang Lebih Baik.

padang-1024x768

Salah satu dari 24 pusat PAUD, lengkap dengan peralatan bermain outdoor, dibangun oleh AMURT di Pariaman, Sumatera Barat, Indonesia.

Sebelumnya, kami mengadakan 3 hari festival lomba anak dan guru, parade anak-anak dan 3 hari pameran kerajinan dan materi pendidikan yang dibuat oleh guru dan anak. Sekitar 800 anak-anak dan 150 guru berpartisipasi dalam acara yang diorganisir dengan Dewan Kota Pariaman, sementara ratusan lebih pengunjung datang untuk melihat pameran dan bergabung dalam festival. Sejak awal dari program Better World, AMURT & AMURTEL telah bekerja sama dan berkoordinasi dengan Ibu Walikota Kota Pariaman, berbagai departemen Dewan Kota, pejabat lokal Kabupaten Padang Pariaman, dan cabang lokal Asosiasi PAUD. Kami berharap dapat meningkatkan hubungan kerja sama ini lebih jauh dan mempromosikan PAUD di Sumatera Barat.

Awal Oktober, tim kecil dari empat guru pilihan dan staf AMURT & AMURTEL mengunjungi Malaysia selama 7 hari untuk study tour sebagai bagian akhir dari program pelatihan guru “Teachers for a Better World” Grup tersebut mengunjungi 5 TK dan juga mengunjungi beberapa tempat pariwisata!  Sekolah TK pilihan yang dikunjungi tersebut memiliki berbagai gaya mengajar, sehingga guru-guru Padang mendapat kesempatan untuk menambah pengalaman mereka. Sekembalinya mereka ke rumah, guru-guru tersebut membagi apa yang telah mereka pelajari kepada teman sejawat mereka.


 

0 Comments