Studi Banding AMURT Indonesia Beserta PCP Dampingan ke Depok dan Bandung

Setelah acara pengukuhan peserta pelatihan guru dampingan AMURT pada tanggal 02 Desember 2018 usai, pada tanggal 04-07 Desember 2018, AMURT Indonesia memberikan bonus kepada PCP dampingan AMURT, berupa Studi banding ke 2 Sekolah yang berada di Depok dan Bandung, Jawa Barat. Yang keseluruhan biayanya ditanggung oleh pihak AMURT Indonesia. Ini bertujuan untuk memberikan mereka wawasan dan pengetahuan baru di 2 lembaga yang dikunjungi agar bisa diterapkan dilembaga mereka, dan sebagai refreshing setelah mereka melakukan pelatihan dari AMURT selama ini.

Studi Banding di TK Islam Al-Fikri, Depok

Studi Banding AMURT Indonesia Beserta PCP Dampingan ke Depok dan Bandung
Foto bersama di depan TK Islam Al-fikri, Depok

Kunjungan pertama di TK Islam Al-Fikri Depok, yang merupakan TK islam di Depok dengan konsep fitrah dan berbasis hati nurani.

Para perwakilan dari lembaga dampingan AMURT yang ikut dalam kunjungan di TK Al-fikri mendapat banyak inspirasi yang dapat mereka terapkan ke lembaga mereka, baik itu dari cara metode pembelajaran hingga beberapa contoh sentra yang belum mereka miliki atau sentra-sentra yang perlu penyempurnaan. Pihak Al-fikri memberi kami ijin untuk melihat segala metode pembelajaran yang mereka terapkan, dan melihat seluruh tatanan sentra yang dapat diabadikan oleh guru-guru.

Sentra Ibadah TK Al-fikri, Depok

Kemudian sebelum team AMURT beserta rombongan melanjutkan studi banding ke 2 di Sekolah Pelopor yang berlokasi di Rancaekek Bandung, Jawa Barat, kami diberikan kesempatan untuk menanyakan segala sesuatu hal yang berkaitan dengan kunjungan kami hari itu di TK Al-fikri, dan setelah sesi tanya jawab selesai, kami melakukan foto bersama untuk mengabadikan kunjungan kami, barulah kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Bandung.

Studi Banding di Sekolah Pelopor, Bandung

Foto bersama di Sekolah Pelopor, Bandung

Setelah melakukan perjalanan yang jauh dari Depok ke Bandung, akhirnya kami sampai di Sekolah Pelopor yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat pada malam hari.

Sekolah bernuansa alam ini ternyata memiliki banyak penginapan diarea sekolah mereka, ini karena begitu seringnya sekolah mereka dijadikan sebagai tempat studi banding baik dari lembaga-lembaga yang ada di Indonesia hingga dari manca negara.

Studi Banding AMURT Indonesia Beserta PCP Dampingan ke Depok dan Bandung
Proses Pembelajaran di sekolah Pelopor

Sekolah Pelopor memang unik, hampir seluruh bangunannya terbuat dari anyaman bambu, diarea sekolah tersebut juga terdapat beberapa jenis hewan dan tumbuh-tumbuhan yang asri sebagai salah satu metode pembelajaran bernuansa alam yang mereka terapkan kepada anak didiknya.

Studi Banding AMURT Indonesia Beserta PCP Dampingan ke Depok dan Bandung
Anak-anak diajarkan untuk mengetahui tumbuh-tumbuhan disekitar sekolah

Seperti halnya di Al-fikri, disekolah Pelopor, kami juga diberikan kesempatan untuk mengeksplore metode pembelajaran PAUD yang mereka terapkan, dan tentu saja termasuk mengabadikannya melalui gambar dan video.

Studi Banding AMURT Indonesia Beserta PCP Dampingan ke Depok dan Bandung
Sesi tanya dengan Humas sekolah Pelopor

Dan setelah itu kami diberikan waktu untuk melakukan sesi tanya jawab seputar metode pembelajaran yang telah kami lihat, seperti halnya di Al-fikri, dan sesi terakhir foto bersama.

Refreshing di Tangkuban Perahu dan Floating Market, Bandung

Berfoto bersama di Gunung Tangkuban Perahu

Setelah studi banding yang ke-2 di sekolah Pelopor, team AMURT dan rombongan PCP melakukan penyegaran otak dengan mengunjungi tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu, Bandung dan Floating Market, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Dan setelah refreshing selesai team AMURT beserta rombongan kembali ke Semarang, Jawa Tengah untuk kembali ke rutinitasnya masing-masing dan membawa oleh-oleh sebuah pengalaman baru yang harapannya dapat diterapkan dilembaganya masing-masing.

0 Comments