Suka Duka Tim PCP AMURT Menjalani Study Circle

Study Circle itu berbunga-bunga, seperti bunga yang saya buat dari kertas ini. Sambutan dari peserta sangat baik,” ujar Siti Aliya, guru PAUD Annur 2 Karangtengah Demak yang merupakan salah satu peserta PCP (Pelatihan Calon Pelatih) AMURT saat menyampaikan pengalamannya selama menjalani Study Circle beberapa bulan terakhir ini. Dia menyampaikan hal ini dalam pertemuan evaluasi Study Circle PCP, bertempat di Gedung BKPP Kab. Demak, 04 Desember 2017.

Di dalam forum sharing dan evaluasi ini, para peserta menyampaikan kesan positif atas apa yang sudah mereka jalankan selama Study Circle. Meskipun diakui banyak tantangan yang harus mereka hadapi, namun mereka mengakui tak sedikit pula manfaat yang diterima. Seperti diceritakan oleh Herni Runjung, Guru TK PGRI 118 Genuk Semarang. Dia yang selama ini tidak mengenal wilayah Demak, saat berangkat Study Circle ke PAUD Bunda di Bonang yang berjarak sekitar 21 kilometer dari tempat tinggalnya ini perlu waktu hingga dua jam. “Saya berangkat jam 12, sampai di PAUD Bunda jam 14:00,” tuturnya mengenang. Saat Study Circle di PAUD Nurul Jannah Mranggen juga sama. “Saat itu saya sedang UTS (Ujian Tengah Semester—red.) di IKIP Veteran Goa Kreo, begitu selesai saya langsung cabut, padahal tidak tahu lokasi. Tapi akhirnya sampai juga,” ujarnya.

Sholihatun (kiri depan) dan Aliyah (kanan) membuat karya dari kertas untuk menggambarkan ekspresi suka duka mereka selama menjalani Study Circle, Senin 04 Desember 2017 di Gedung BKPP Kab. Demak dalam forum Sharing dan Evaluasi Study Circle Tim PCP.

Namun apa berbagai rintangan dan tantangan yang dihadapi oleh Tim PCP ini lunas terbayar oleh besarnya antusiasme para peserta Study Circle. “Peserta sangat antusias. Tanya macem-macem, mengenai kurikulum itu seperti apa, KTSP itu seperti apa dan sebagainya. Peserta sampai berkali-kali bilang, kapan datang lagi… kapan datang lagi…,” ujar Herni Runjung dengan senyum mengembang dan disambut tepuk tangan teman-temannya yang lain. Di HIMPAUDI, Tim PCP ini juga mendapat apresiasi positif sekaligus harapan yang besar agar bisa berbagi kepada sesama rekannya di organisasi tersebut. Untuk itu ke depannya ia bersama timnya sudah merencanakan untuk menyelenggarakan belajar bersama. “Di HIMPAUDI Genuk kami sudah merencanakan belajar bersama membuat KTSP dan mempelajari Kurikulum 2013 dengan lembaga-lembaga lain di HIMPAUDI, dimulai semester II nanti,” terangnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Solihatun, Pengelola PAUD Bunga Pertiwi Demak. Ia menyatakan bahwa dirinya sangat senang menjalani dinamika PCP dan merasakan mendapat banyak manfaat. “Seneng, meski jalan tidak sepenuhnya mulus. Banyak tantangan tapi banyak manfaat,” ujarnya. Selanjutnya, ia dan timnya berencana mengumpulkan lembaga-lembaga baru di kecamatan Bintoro Demak untuk berbagi ilmu serta pengalaman dan sekaligus mengundang Kepala UPTD Dinas Pendidikan. “Kami rencananya nanti akan ngumpulin lembaga-lembaga baru dan ngundang UPTD,” katanya.

Fasilitator AMURT Intan Furotul Aini (kiri) dan Anggota Tim PCP AMURT Herni Runjung (kanan) dalam forum Sharing dan Evaluasi Study Circle Tim PCP pada Senin, 04 Desember 2017 di Gedung BKPP Kab. Demak. Herni membuat media berupa piramida dari kertas untuk mengekspresikan pengalamannya selama menjalani Study Circle dan menceritakan rencana selanjutnya.

Respon UPTD Dinas Pendidikan ini memang cukup baik terhadap apa yang telah dilakukan Tim PCP AMURT. Beberapa dari UPTD ini bahkan sudah meminta agar Tim PCP segera membagikan ilmu dan pengalamannya kepada sekolah-sekolah dan guru yang tidak didampingi oleh AMURT. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Siti Aliya, bahwa UPTD Dinas Pendidikan telah meminta timnya untuk segera berbagi ilmu dan pengalaman yang diperoleh dari AMURT. “Karangtengah sudah diminta oleh UPTD beberapa waktu lalu untuk memberikan pelatihan, tapi PCP yang waktunya belum bisa,” ujar Aliya. Ke depan dia akan segera mengatur jadwal dengan UPTD untuk merealisasikan kegiatan bersama.

Guru PAUD memang memiliki posisi sangat penting dalam menyiapkan masa depan bangsa, oleh karena itu untuk mencapai harapan tersebut diperlukan serangkaian upaya secara sistematis dan terukur. AMURT mencoba menginiasiasi dengan mengkader para guru dalam project PCP (Pelatihan Calon Pelatih). Dalam beberapa bulan terakhir ini Tim PCP digembleng di lapangan untuk menjalankan Study Circle dengan menerapkan modul-modul yang sebelumnya sudah dibuat oleh Tim PCP sendiri. Study Circle ini merupakan forum bagi para Tim PCP untuk melatih guru-guru PAUD di 46 lembaga dampingan AMURT. Setelah menjalani Study Circle beberapa bulan ini, pada 04 Desember 2017 mereka bertemu bersama-sama di Gedung BKPP Kab. Demak melakukan sharing dan evaluasi bersama.#