Testimoni Ibu Aprilia Candra Setelah di Dampingi AMURT Indonesia

“AMURT Mewujudkan Impian Besarku”

testimoni aprilia candra
Aprilia Candra

Penting saat usia kita masih dini memiliki cita-cita, karena itu sebagai dasar dalam mempersiapkan kita menjadi seperti apa yang kita inginkan. Misalnya saya, saat kecil saya ingin sekali menjadi guru, karena dalam benak saya seorang guru itu pasti pintar, pandai berbicara dan sabar. Namun saya yang memiliki keterbatasan kemampuan dalam berbicara didepan orang banyak membuat saya sedikit mengurungkan mimpi menjadi seorang guru bahkan untuk menjadi seorang pembicara atau narasumber, saya tidak bisa membayangkannya. Saat saya menginjak dewasa ternyata impian saya bukan saja menjadi seorang guru, tetapi menjadi seorang pembicara yang handal meskipun awalnya saya merasa tidak mungkin mengingat saya seorang yang takut berbicara di depan banyak orang.

testimoni aprilia candra

Pertama kali saya menjadi seorang pendidik itu tahun 2014 awal, bersamaan dengan itu sebuah LSM yaitu AMURT (Ananda Marga Universal Relief Team) Indonesia datang untuk melakukan pendampingan pada lembaga / sekolah kami. Saya masih ingat saat pertama kali saya mengikuti pelatihan dengan AMURT peserta diminta menuliskan semua impian- impian kami pada sebuah buku besar, dan pada waktu itu saya menuliskan semua impian saya, salah satunya adalah menjadi narasumber (padahal waktu itu saya baru saja menjadi seorang guru PAUD). Saya belajar banyak melalui Program-Program yang AMURT jalankan. Sekolah kami mendapat pendampingan secara intens baik dalam pembelajaran bersama anak didik maupun pendampingan dalam peningkatan kapasitas para pendidiknya, saya mendapatkan manfaat yang sangat besar dalam mengikuti program pendampingan AMURT melalui pelatihan-pelatihan untuk guru-guru PAUD, misalnya pelatihan Konsep Dasar PAUD, Pelatihan Child Protection, Pelatihan Creative Art bersama Wai Ching dari Malaysia, Pelatihan Story Telling bersama Mr.Taminga dari Taiwan, dan masih banyak lagi. Dan juga pelatihan untuk peningkatan kapasitas pendidik seperti pelatihan manajemen kelas, Pelatihan Action Research, Pelatihan Body Languanges, Pelatihan Perencanaan Pembelajaran, pelatihan Pangarusutamaan Gender dan masih banyak lagi.

testimoni aprilia candra

Melalui AMURT saya mendapat bekal yang saya tidak mendapatkannya di tempat manapun, bahkan pemakaian metode discussing n moving menjadikan suasana pelatihan menjadi sangat menyenangkan. Juga pelatihan dalam kelompok kecil yang terdiri 3-5 lembaga yang biasa kami menyebutnya (Study Circle), Bahkan setelah pelatihan selesai tidak berhenti disitu saja, tetapi kami masih mendapatkan follow up dari pelatihan yang fungsinya adalah memastikan bahwa hasil dari pelatihan dapat diterapkan pada lembaga kami masing-masing.

testimoni aprilia candra

Pada tahun 2016 AMURT memiliki Program PCP (Pelatihan Calon Pelatih) dan pada saat itu saya pun mengikutinya, PCP dibekali dengan lebih banyak pelatihan dibandingkan peserta reguler, fungsinya adalah mempersiapkan kami untuk menjadi seorang trainer/ pelatih. Banyak yang sudah dilakukan AMURT diantaranya memberi kami pelatihan, salah satunya adalah pelatihan public speaking, yang tentunya dapat menjadi bekal untuk menjadi pelatih, AMURT juga mengikutkan kami pada PCP dasar yang diselenggarakan di Hotel Sriwijaya selama 6 hari. Kami juga diberi kesempatan dalam membawakan SC (Study Circle) dikecamatan kami sendiri maupun di kecamatan lain, dan AMURT menjalin kerjasama dengan Ibu Kabid PAUD untuk mengoptimalkan fungsi PCP di tingkat kabupaten. Dan pada akhirnya kami diberikan kesempatan untuk menjadi trainer bagi guru-guru yang ada didaerah kami. AMURT membuka jalan kami meraih mimpi-mimpi kami, terutama impian besar saya. Terimakasih banyak AMURT.

0 Comments