Tingkatkan Kualitas Guru PAUD di Sulawesi Tengah: Wahana Visi Indonesia ADP Parimo bekerjasama dengan AMURT Indonesia Selenggarakan Pelatihan

Usia dini adalah usia keemasan dalam tahap perkembangan seorang anak. Oleh karenanya, pada masa tersebut seorang anak harus mendapat perhatian dan penanganan yang benar-benar berkualitas. Kesalahan penanganan pada masa tersebut akan berakibat terhadap perkembangan dan pertumbuhan seorang anak pada fase berikutnya. Selain keluarga, pihak yang sangat menentukan kualitas pendidikan tersebut adalah sekolah atau lembaga pendidikan anak usia tinggi (PAUD). Sehingga semakin berkualitas sebuah lembaga PAUD maka akan semakin besar pula kontribusi yang diberikan bagi kualitas pendidikan seorang anak. Kualitas lembaga pendidikan anak usia dini sendiri tentu tidak bisa dilepaskan dari kualitas pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di dalamnya.

Peserta berdiskusi di dalam kelompok untuk membuat keputusan penilaian bersama. Aktivitas ini dilakukan setiap hari di tiap akhir pelatihan
Fasilitator menggunakan flash cards bergambar, sharing dan berdiskusi untuk menjelaskan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)

Dalam konteks inilah Wahana Visi Indonesia (WVI) – ADP Parigi Moutong mengajak Yayasan AMURT (Ananda Marga Universal Relief Team) Indonesia untuk bekerjasama dalam memfasilitasi peningkatan kapasitas guru-guru PAUD dampingan WVI dan stafnya dalam bentuk pelatihan. Sebagai realisasi kerjasama tersebut, maka pada bulan Juli 2017 diselenggarakan lah sebuah pelatihan yang bertempat di Kota Raya, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Pelatihan ini berlangsung selama lima hari, Senin-Jumat, 3-7 Juli 2017, yang setiap harinya dimulai pukul 08:00 – 16:00 WITA. Jumlah pesertanya sebanyak 40 orang, terdiri dari para guru dari 15 PAUD dampingan WVI ADP Parimo, Pengawas UPTD Disdik (Mepanga dan Tomini) dan Disdik Kabupaten, serta para staf Wahana Visi Indonesia ADP Parimo.

Permainan mengelompokkan 46 Kompetensi Dasar (KD) yang terdapat dalam Kurikulum 2013 PAUD ke dalam 6 aspek perkembangan anak usia dini

Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru-guru PAUD yang menjadi dampingan Wahana Visi Indonesia ADP Parigi Moutong dan stafnya tentang penerapan Kurikulum PAUD Tahun 2013, cara mengajar anak usia dini, pentingnya Alat Permainan Edukatif (APE) dalam pembelajaran anak usia dini, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya di dalam berperan sebagai fasilitator.

Fasilitator menjelaskan kepada peserta mengenai cara berperan sebagai “Guru” dan “anak” saat micro-teaching

Secara khusus, materi yang dipelajari di dalam pelatihan ini yaitu: pentingnya sikap guru dalam Pendidikan Anak Usia Dini; Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum PAUD Tahun 2013; Sinergi 46 Kompetensi Dasar Kurikulum PAUD Tahun 2013 ke dalam 6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini; Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran PAUD; Pengembangan Tema Pembelajaran PAUD; Penyusunan Program Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian; Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA); Micro-teaching Model Pembelajaran Sentra pada PAUD; Penilaian Pembelajaran PAUD; Gerak dan Lagu bagi Anak Usia Dini.

Seluruh proses pelatihan difasilitasi oleh Fasilitator dari AMURT Indonesia (Usha Chang Yuen Ching, Nopa Eriyanti dan Nur Hasanah). Fasilitator yang memfasilitasi pelatihan ini selain berpengalaman sebagai guru PAUD juga sudah berpengalaman menjadi fasilitator dan tutor dalam bidang pendidikan anak usia dini.

“Anak” (yang diperankan oleh guru peserta pelatihan) sedang praktik di dalam micro-teaching

Adapaun metode yang digunakan di dalam pelatihan ini cukup beragam, yaitu diskusi kelompok, penugasan, presentasi, micro-teaching, permainan (game) dan ceramah singkat. Setiap hari dilaksanakan review dari proses belajar yang sudah dilakukan sehari sebelumnya dengan menggunakan berbagai metode sederhana dan menarik. Game yang digunakan di dalam pelatihan juga bisa diterapkan dalam pembelajaran di PAUD. Di dalam pelatihan juga ditambah dengan sesi sharing pengalaman dan pengetahuan dengan semua guru PAUD peserta pelatihan. Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti seluruh sesi dalam pelatihan ini. Sehingga waktu sepanjang lima hari pun dilalui tanpa terasa.

0 Comments